MENU
Informasi
  • 04 Apr 2018

Sosialisasi SNI Award 2018: Penerapan SNI Tingkatkan Daya Saing Skala Global

Tangerang, 28 Maret 2018 - Untuk meningkatkan daya saing suatu bangsa, upaya penerapan standardisasi di berbagai industri, lembaga dan organisasi sangatlah penting. Pasalnya, penerapan SNI tidak saja lebih kompetitif  tetapi juga mampu melakukan lompatan kemajuan.

Apabila penerapan standardisasi berjalan semakin masif maka kita bisa meyakini Indonesia akan dapat mengejar ketinggalannya dan menjadi negara maju dalam waktu yang tidak lama. Ini artinya Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

Setiap tahunnya Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan penghargaan kepada organisasi/perusahaan yang dinilai paling baik dan konsisten dalam menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Penghargaan tersebut pun diberi tajuk SNI Award.

Untuk diketahui, SNI adalah sebuah persyaratan yang berisi parameter mutu yang bisa menjadi acuan perusahaan untuk memproduksi berbagai produk yang aman dan berkualitas. “Untuk barang yang beredar di pasar itu memang harus diawasi,” ujar Kabid Program dan Tata Operasional Litbang BSN, Muti Sophira Hilman, dalam acara sosialisasi tersebut.

BSN memang sering melakukan uji petik untuk beberapa produk yang diujikan sebelum diedarkan di masyarakat.

Organisasi/perusahaan yang mendaftar di ajang SNI Award dari tahun ke tahun pun mengalami perubahan. Pada tahun 2014 misalnya, terdapat 159 organisasi/perusahaan yang mendaftar. Setahun berikutnya, ada 151 organisasi/perusahaan, dan pada tahun 2016, sekitar 108 organisasi/perusahaan pun terdaftar. Sedangkan pada 2017 ada 126 organisasi/perusahaan yang telah tercatat mengikuti SNI Award.

Pemerintah memang memberikan dorongan yang lebih kuat agar penerapan standar menjadi arus utama di lingkungan pelaku usaha, lembaga dan organisasi baik swasta maupun pemerintah.

Dalam kesempatan kali ini PT Qualis Indonesia dan BSN bahu-membahu dalam mensosialisasikan SNI Award 2018 yang akan diselenggarakan pada November tahun ini. Sosialisasi tersebut diadakan di ruang seminar PT Qualis Indonesia yang dihadiri oleh perwakilan puluhan perusahaan.

Sebagai laboratorium independen dan terlengkap di Indonesia yang berkomitmen terhadap pengujian dan verifikasi teknis yang melayani 12 sektor industri, PT Qualis Indonesia mendukung penuh peningkatan mutu produk berkualitas yang beredar di pasaran agar aman dan nyaman dikonsumsi masyarakat.  (Gilang Pradana)