Login Untuk Member

Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (LSSM)

Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (LSSM)

  • Status dan Ruang Lingkup Sertifikasi

    Ruang lingkup       :

    • Kode 03.10 dan 03.11 ( Produk Makanan dan Minuman )
    • Kode 04.13 dan 4.14 ( Tekstil dan Produk Tekstil )
    • Kode 19.26 dan 19.27 ( Peralatan Listrik dan Optik )
  • Mekanisme dan Skema Sertifikasi

  • Syarat dan Aturan Sertifikasi

    1. JASA SERTIFIKASI LSSM PT QUALIS INDONESIA
    LINGKUP SERTIFIKASI LSSM PT QUALIS INDONESIA
    Lingkup sertifikasi LSSM PT Qualis Indonesia meliputi sertifikasi :
    1. Sertifikasi sistem manajemen mutu ( ISO 9001 : 2015 )
     
    INDEPENDENSI JASA SERTIFIKASI LSSM PT QUALIS INDONESIA
    Layanan jasa sertifikasi LSSM PT Qualis Indonesia adalah independen, tidak berpihak dan terbuka untuk semua pemohon sesuai dengan lingkup akreditasi dari KAN.
     
    1. PROSEDUR SERTIFIKASI
    PERMOHONAN SERTIFIKASI
    Pemohon dapat mengajukan permohonan untuk sertifikasi sistem manajemen mutu kepada LSSM PT Qualis Indonesia melalui surat, telepon, email, fax maupun datang langsung ke kantor LSSM PT Qualis Indonesia :
     
    LSSM PT QUALIS INDONESIA
    Jl. Pajajaran No. 17, Desa Gandasari, Kec. Jatiuwung
    Tangerang 15137, Indonesia
    Tlp             : 021 55652583 / 86
    Fax             : 021 55652489
    Email         : lssm@qualis-indonesia.com
     
    Pemohon diharuskan mengisi formulir aplikasi permohonan (TSQ-LSSM-FM-8.01) dengan lengkap dan jelas dan dikembalikan kepada LSSM PT Qualis Indonesia serta melampirkan dokumen persyaratan sebagai berikut :
     
    • Akte notaris atau legalitas pemohon/organisasi
    • Struktur organisasi yang disahkan perusahaan
    • Manual Mutu dan Prosedur Mutu yang mutakhir (terkendali)
    • Alur proses produksi
    • Rekaman internal audit
    • Rekaman tinjauan manajemen
     
    VERIFIKASI TERHADAP PERMOHONAN SERTIFIKASI
    Petugas LSSM PT Qualis Indonesia melakukan verifikasi terhadap aplikasi permohonan dan dokumen persyaratan yang telah dikirim oleh pemohon serta potensi akan ketidakberpihakan.
     
     
    KONFIRMASI BIAYA SERTIFIKASI
    LSSM PT Qualis Indonesia memberikan informasi kepada pemohon mengenai rincian biaya sertifikasi yang harus ditanggung oleh pemohon.
     
    PENERBITAN KONTRAK
    Setelah ada persetujuan mengenai biaya sertifikasi, LSSM PT Qualis Indonesia akan menerbitkan kontrak perjanjian kerjasama dan disetujui oleh kedua belah pihak.
     
    AUDIT TAHAP 1
    Audit tahap 1 merupakan audit kecukupan yang bertujuan untuk mengaudit kecukupan dokumentasi sistem manajemen mutu pemohon. Audit tahap 1 ini dilaksanakan di lokasi pemohon. Hasil dari kegiatan audit tahap 1 ini akan diinformasikan ke pemohon untuk ditindaklanjuti. Audit Tahap 2 maksimal dilakukan 3 bulan dari waktu audit tahap 1.
     
    AUDIT TAHAP 2
    Audit tahap 2 merupakan audit dilokasi pemohon untuk menilai hasil implementasi sistem manajemen mutu pemohon dengan cara mengkaji dan memverifikasi bukti implementasi, mengamati proses dan wawancara. Audit tahap 2 dilakukan oleh tim auditor dari LSSM PT Qualis Indonesia. Hasil dari kegiatan audit tahap 2 ini akan disampaikan kepada pemohon oleh tim auditor untuk ditindaklanjuti.
     
    TINDAKAN PERBAIKAN
    Pemohon melakukan tindakan perbaikan atas temuan yang disampaikan oleh tim auditor LSSM PT Qualis Indonesia. Waktu untuk menyelesaikan tindakan perbaikan sesuai dengan batas waktu yang sudah ditetapkan.
     
    VERIFIKASI TINDAKAN PERBAIKAN
    Tim auditor LSSM PT Qualis Indonesia melakukan verifikasi terhadap hasil tindakan perbaikan yang telah dibuat oleh pemohon.
     
    EVALUASI
    Evaluasi dan keputusan sertifikasi dilakukan oleh tim panel dan dilaksanakan di kantor LSSM PT Qualis Indonesia. Tim panel akan memutuskan apakah dapat atau tidak dapat diterbitkan sertifikat sistem manajemen mutu kepada pemohon. Keputusan tim panel bersifat final.
     
    PENERBITAN SERTIFIKAT
    Sertifikat dan ijin penggunaan simbol sertifikasi LSSM PT Qualis Indonesia akan diterbitkan sesuai dengan hasil keputusan evaluasi yang dilakukan oleh tim panel dan disampaikan kepada pemohon. Sertifikat sertifikasi sistem manajemen mutu LSSM PT Qualis Indonesia berlaku selama 3 (tiga) tahun terhitung sejak dikeluarkannya sertifikat.

     

    1. PROSES SURVAILEN

    Selama kurun waktu tiga tahun (masa berlaku sertifikat), LSSM PT Qualis Indonesia akan melakukan kegiatan survailen minimal satu kali dalam setahun. Tanggal pelaksanaan survailen tidak lebih dari 12 bulan sejak tanggal diputuskan dalam sertifikasi awal. Survailen dilakukan untuk mengetahui efektivitas dan komitmen terhadap implementasi persyaratan ISO 9001:2015.

    1. PERLUASAN ATAU PENGURANGAN RUANG LINGKUP

    1. Klien mengajukan permohonan perluasan lingkup sertifikasi. Perluasan ruang lingkup dapat dilakukan tersendiri maupun bersamaan dengan survailen.
    2. LSSM PT Qualis Indonesia melakukan kajian terhadap permohonan dan menentukan kegiatan audit terhadap pemenuhan persyaratan ISO 9001 : 2015 yang relevan dengan perluasan ruang lingkup.
    3. Proses selanjutnya dilakukan sesuai dengan skema sertifikasi.
    4. LSSM PT Qualis Indonesia dapat mengurangi ruang lingkup sertifikasi klien untuk bagian-bagian yang tidak memenuhi persyaratan, bila klien gagal secara total memenuhi persyaratan sertifikasi untuk bagian-bagian dari ruang lingkup sertifikasi tersebut.
    5. Apabila terjadi pengurangan ruang lingkup, LSSM PT Qualis Indonesia kana menerbitkan sertifikat sistem manajemen muti ISO 9001 : 2015 yang baru dan mencabut sertifikat yang lama. LSSM PT Qualis Indonesia memberitahukan kepada klien terkait bahwa sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015 klien sudah tidak berlaku dan harus menyerahkan kembali sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015 asli kepada LSSM PT Qualis Indoensia serta menghentikan penggunakan sertifikasi sistem manajemen mutu pada seluruh materi
    periklanan.

    1. SERTIFIKASI ULANG (RE-SERTIFIKASI)

    Kegiatan sertifikasi ulang harus dilakukan sebelum berakhirnya masa berlaku sertifikat. Sebelum habis masa berlaku sertifikat, paling lambat 3 bulan sebelumnya LSSM PT Qualis Indonesia akan memberitahukan kepada klien mengenai jadwal pelaksanaan sertifikasi ulang. Proses sertifikasi ulang sama dengan proses sertifikasi awal.

    Apabila klien tidak bersedia untuk dilakukan sertifikasi ulang, maka kepada klien tersebut diinformasikan untuk tidak boleh lagi menggunakan sertifikat dan simbol sertifikasi LSSM PT Qualis Indonesia dalam bentuk apapun.

    Apabila klien masih dalam proses penyelesaian sertifikasi ulang, sementara sertifikat sebelumnya telah berakhir masa berlakunya, maka kepada klien tersebut diinformasikan sementara tidak boleh menggunakan sertifikat dan simbol sertifikasi LSSM PT Qualis Indonesia dalam bentuk apapun sampai sertifikat yang baru diterbitkan.

     

    D. PEMBERIAN ATAU PENOLAKAN, PEMBEKUAN, PEMELIHARAAN, PENCABUTAN ATAU PEMBARUAN, PENANGGUHAN ATAU PEMULIHAN SERTIFIKASI

    1. Pemberian atau penolakan sertifikasi
    LSSM PT Qualis Indonesia menerbitkan sertifikasi berdasarkan evaluasi dari tim panel dengan menyatakan bahwa klien telah memenuhi seluruh persyaratan ISO 9001 : 2015. Apabila klien tidak dapat memenuhi seluruh persyaratan ISO 9001 : 2015 maka LSSM PT Qualis Indonesia dapat melakukan penolakan permintaan sertifikasi klien.
     
    2. Pembekuan sertifikasi
    Sertifikasi klien akan dibekukan pada kasus sebagai contoh :
    a) Sistem manajemen mutu klie gagal secara total dan serius untuk memenuhi persyaratan sertifikasi ISO 9001 : 2015.
    b) Klien tidak memperbolehkan audit survailen atau sertifikasi ulang pada frekuensi waktu yang telah ditentukan.
    c) Klien tidak melakukan pembayaran kegiatan audit survailen atau sertifikasi ulang.
    d) Klien tidak dapat melaksanakan perbaikan berdasarkan laporan ketidaksesuaian hasil survailen dalam waktu yang ditetapkan oleh LSSM PT Qualis Indonesia.
    e) Klien meminta pembekuan secara sukarela
    Dalam kondisi pembekuan, sertifikasi sistem manajemen mutu klien tidak berlaku sementara. Klien dilarang menggunakan sertifikasinya untuk keperluan promosi. LSSM PT Qualis Indonesia akan membuat status  pembekuan sertifikasi yang dapat diakses oleh publik dan melakukan tindakna lain yang sesuai.
    Pencabutan atau pembaruan sertifikasi
     
    3. Pencabutan sertifikasi
    Pencabutan sertifikasi dapat dilakukan berdasarkan permintaan sukarela dari klien atau jika klien tidak dapat menyelesaikan masalah pokok dari pembekuan sertifikasi dalam jangka waktu yang telah ditetapkan maka LSSM PT Qualis Indonesia dapat mencabut atau mengurangi ruang lingkup sertifikasi. Apabila terjadi pencabutan sertifikat, LSSM PT Qualis Indonesia memberitahukan kepada klien terkait bahwa sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015 klien sudah tidak berlaku dan harus menyerahkan kembali sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015 asli kepada LSSM PT Qualis Indonesia serta menghentikan penggunakan
    sertifikasi sistem manajemen mutu pada seluruh materi periklanan.
    b) Pembaruan sertifikasi
    Pemeliharaan sertifikasi dilakukan oleh klien dengan mengikuti sertifikasi ulang pada tahun ke-3 dari keputusan sertifikasi.
     
    4. Penangguhan atau pemulihan sertifikasi
    a) Pemulihan sertifikasi
    Pemulihan sertifikasi dapat dilakukan jika klien telah dapat memenuhi kembali persyaratan sertifikasi ISO 9001 : 2015.
    b) Penangguhan sertifikasi
    Penangguhan sertifikasi dapat dilakukan jika klien belum dapat menunjukan kembali persyaratan sertifikasi ISO 9001 : 2015 yang diminta oleh LSSM PT Qualis Indonesia.

     

    Berikut pedoman dalam penggunaan sertifikat dan simbol sertifikasi sistem manajemen mutu yang perlu diperhatikan oleh pemohon/klien :

    • Simbol sertifikasi tidak boleh digunakan pada produk atau kemasan produk yang terlihat oleh konsumen atau dengan cara lain yang diinterpretasikan sebagai kesesuaian produk.
    • Simbol sertifikasi tidak diizinkan digunakan pada laporan uji laboratorium, kalibrasi dan inspeksi.
    • Klien tidak boleh menggunakan sertifikat atau simbol sertifikasi dengan cara yang menyesatkan dan membuat LSSM PT Qualis Indonesia kehilangan reputasi dan kepercayaan publik.
    • Klien tidak mengizinkan untuk menggunakan sertifikat untuk kegiatan diluar ruang lingkup yang disertifikasi.
    • Klien menghentikan penggunaan sertifikat bila terjadi pembekuan atau pencabutan sertifikat.
    Klien akan mengubah materi periklanan pada saat ruang lingkup sertifikasi dikurangi.
     
  • Form Aplikasi Permohonan Sertifikasi

  • Mekanisme Penanganan Keluhan & Banding

    Pengajuan keluhan dapat disampaikan kepada kami melalui :
    1. Elektronik
    Pengajuan keluhan bisa disampaikan melalui :
    • Email : lssm@qualis-indonesia.com
    • Tlp      : (021) 55652583 / 86
    • Fax     : (021) 55652489
     
    2. Surat Pengajuan keluhan dapat dikirim melalui surat dengan alat tujuan kepada :
    Manager LSSM
    PT Qualis Indonesia
    Jl. Pajajaran No. 17, Desa Gandasari, Kec. Jatiuwung, Tangerang 15137, Banten
     
  • Kebijakan Ketidakberpihakan