Sertifikasi efisiensi energi terhadap produk elektronika merupakan salah satu wujud perlindungan hak konsumen di samping untuk menekan angka konsumsi energi listrik, dimana aspek penghematan energi merupakan prioritas utama dalam hierarki penerapan energi yang berkelanjutan di banyak negara. Salah satu produk elektronika yang lazim ditemui dan digunakan secara luas di negara tropis seperti Indonesia tidak lain adalah piranti pengkondisi udara. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang isu kesinambungan lingkungan, penerapan Sertifikasi Efisiensi Energi terhadap piranti pengkondisian udara dapat memberi beberapa manfaat positif, antara lain:

  • Menghemat biaya pengeluaran untuk energi karena memakai AC yang berdaya lebih kecil
  • Mendorong kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk dengan teknologi terkini dengan penggunaan energi yang lebih minim
  • memberikan manfaat untuk keamanan nasional karena dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor energi dari negara lain
  • Mengurangi laju pengurasan sumber daya energi yang tidak dapat diperbaharui di dalam negeri

 

Dalam rangka untuk memberikan pilihan yang lebih luas bagi pelaku usaha dalam menjalankan aktivitas penilai kesesuaian produk mereka, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menerbitkan Surat Keputusan No. 184 K/06/DJE/2019 tentang Lembaga Sertifikasi Produk Piranti Pengkondisi Udara, dimana LS Pro Qualis Indonesia merupakan salah satu lembaga sertifikasi yang telah memperoleh penunjukan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk melakukan sertifikasi energi efisiensi pada Piranti Pengkondisi Udara atau Air Conditioner (AC).

Penunjukan yang diterbitkan pada tanggal 31 Oktober 2019 ini memungkinkan Qualis Indonesia untuk menyediakan pelayanan secara satu-atap bagi produsen maupun importir piranti pengkondisi udara dalam melakukan pengujian laboratorium sekaligus sertifikasi efisiensi energi. PT. Qualis Indonesia merupakan lembaga jasa sertifikasi dan pengujian laboratorium yang telah diakreditasi oleh KAN mengacu pada standar ISO 17065:2012 dan ISO 17025:2015. Untuk informasi lebih lanjut terkait sertifikasi produk piranti pengkondisi udara dapat menghubungi Sdr. Vera Febriyani (vera.febriyani@qualis-indonesia.com)