SNI diharapkan mampu menciptakan keteraturan berbagai kegiatan. Terutama menyangkut jaminan mutu produk barang dan jasa dalam kegiatan bisnis serta menyangkut keselamatan, keamanan, kesehatan konsumen, dan lingkungan. Lalu, apa saja kelebihan SNI apabila sebuah produk mendapat sertifikasi SNI?

Peningkatan Bisnis dan Kualitas Produk

Sertifikasi produk merupakan proses pemberian jaminan mutu dari Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) maupun Lembaga Sertifikasi Produk (LSpro) yang sudah terakreditasi secara nasional maupun internasional kepada Produsen dalam negeri maupun importir dalam negeri untuk produk yang sudah wajib maupun bersifat sukarela bahwa suatu produk beserta proses yang mendukungnya telah memenuhi persyaratan kesehatan, keamanan, keselamatan dan lingkungan sesuai peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia baik melalui PP (Peraturan Pemerintah), kemenperin (Kementrian Perindustrian), kementerian ESDM, kemendagri sesuai standar yang ditetapkan secara nasional (SNI) maupun internasional (IEC, ISO dll).

Produk elektronika apa saja yang sudah wajib di Indonesia?

Sesuai dengan keputusan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 36/M-IND/PER/9/2017 Lembaga Sertifikasi Produk (LSpro) dan Lembaga  Penilaian Kesesuaian (LPK) PT Qualis Indonesia sudah ditunjuk sebagai Lembaga yang dapat menerbitkan Laporan Hasil Uji (LHU) dan Sertifikat SNI sesuai SPPT SNI yang ditetapkan pemerintah, salah satu produk yang sudah wajib adalah Pompa Air, Setrika, Pendingin Ruangan, Lemari Pendingin (Kulkas) dan Mesin Cuci dan lain sebagainya, maka dari itu kami memiliki Laboratorium pengujian Home Appliances & Audio Video yang sudah terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi nasional) serta ditunjuk oleh Kementrian Perindustrian guna memenuhi kebutuhan pelanggan dan menjamin mutu produk tersebut sesuai SNI yang ditetapkan dalam regulasi SNI serta memberikan jaminan mutu produk untuk kebutuhan QC Produk, kebutuhan tender dengan memastikan dan menyaksikan pengujian secara bersama mengacu pada standar yang disepakati serta untuk memenuhi kebutuhan riset dan development dari produsen/ pabrikan sesuai standar international lainnya (IEC, ASTM, JIS, CISPR dll).

LPK Qualis Indonesia: Menjamin Mutu Tanpa Ragu

Qualis Indonesia merupakan solusi dan alternatif sebagai Lembaga Penilaian Kesesuaian yang bergerak di bidang jasa sertifikasi produk baik untuk kebutuhan SNI safety produk, Riset Development produk untuk pengembangan manufacturing dengan berbagai macam standar nasional (SNI) maupun international IEC, ISO, JIS, ASTM dll. Serta infilterisasi terhadap produsen dari luar negri sesuai Skema Sertifikasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Dari itu PT Qualis Indonesia memberikan jasa layanan dari pengujian, inspeksi, training ISO, SNI, IEC dan standar lainnya. Dari skema sertifikasi SNI tipe 5 salah satunya adalah terkait Audit ISO 9001 2008 maupun ISO 9001 : 2015 dan SNI IEC 60335-1:2009 dan SNI IEC 60335-2 sebagai dasar audit skema 5 ini. Kita dapat melakukan Pre-Audit, Initial Audit, Surveilence Audit, maupun renewal produk audit, serta memiliki beberapa MuU dengan Certification Body di luar negeri. (Gilang Pradana)